Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/fhunmer/public_html/wp-includes/pomo/plural-forms.php on line 210
Kunjungan ke Seminar Nasional Fakultas Hukum Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta | Fakultas Hukum
Ditulis pada tanggal 2 Desember 2018, oleh unmerpas_fh, pada kategori Berita

Seminar ini mengusung tema “Peran Pendidikan Hukum Dalam Penguatan Local Wisdom” yang diselenggarakan pada Sabtu (1/12/2018) di Pendopo Agung Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta. Dalam kunjungan tersebut, UNMER terdiri dari Rektor UNMER, Dekan FH, Dosen, Karyawan, para mahasiswa dan Alumni FH UNMER.

Kunjungan ke Seminar Nasional Fakultas Hukum Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta

Dalam sambutannya, Rektor UNMER Pasuruan Dr. Ronny Winarno, S.H.,M.Hum mengapresiasi UWM dalam kegiatan seminar nasional kerjasama ini. Harapannya dari kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai-nilai positif di antara kedua universitas. Dalam menguatkan era 4.0 ini, Dr. Ronny juga berharap agar ide-ide baru yang bermunculan dapat diakomodir untuk Indonesia yang lebih maju.

Pemaparan materi seminar yang pertama disampaikan oleh Dr. (can) H.M. Zaki Sierrad, SH.,CN.,M.Hum (Dosen FH UWM) berkaitan dengan pendidikan hukum. Sudut pandang yang disampaikan terutama dalam pemilihan umum, yang praktiknya sangat memprihatinkan karena tidak mengadopsi local wisdom. Prosesnya hanya mengedepankan demokrasi prosedural semata dan sangat jauh dari tata nilai dan mengabaikan prinsip moralitas.

Sebagai narasumber kedua Dr. Ronny Winarno, S.H.,M.Hum (Rektor UNMER) menyampaikan bahwa peran pendidikan hukum dalam penguatan local wisdom menjadi potret prilaku dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Tetapi saat ini nilai-nilai local wisdom semakin bergeser dalam kehidupan demokrasi kita dan menjadi semakin kontradiktif. Oleh karenanya local wisdom berfungsi untuk memfilter, dan perlu direfleksikan kembali dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan saling bertukar plakat diantara kedua fakultas diwakili oleh masing-masing Dekan yakni Yudhia Ismail, SH., M.Hum (Dekan FH Universitas Merdeka Pasuruan) dan Kelik Endro Suryono, SH., M.Hum (Dekan FH Universitas Widya Mataram).